Anggota Dewan Sibuk Kampanye, Paripurna Persetujuan Perda Ditunda

0
BhasaFM
Tak memenuhi quorum rapat paripurna pengesahan Perda RPJMD di Kantor DPRD Situbondo Ditunda (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Rapat Paripurna di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Situbondo,  ditunda karena tingkat kehadiran anggota dewan tak memenuhi quorum. Banyak anggota DPRD tak masuk kantor karena sedang sibuk kampanye.

Hanya ada beberapa anggota DPRD terlihat mengikuti paripurna, Kamis kemarin. Sedianya rapat paripurna mengagendakan persetujuan Peraturan Daerah tentang perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Menurut Ketua DPRD Situbondo, Bashori Shanhaji, rapat paripurna ditunda karena anggota DPRD yang hadir tak memenuhi quorum. Untuk kelanjutan rapat paripurna persetujuan Perda RPJMD,  akan dijadwalkan ulang melalui rapat Badan Musyawarah (Banmus).

Bashori menambahkan, banyak anggota dewan tak bisa mengikuti rapat paripurna, karena mereka sedang sibuk berkampanye di daerah pemilihannya masing-masing. Mendekati Pemilu para anggota dewan sibuk mencari dukungan, karena mereka dituntut harus memenuhi target perolehan suara sebanyak-banyaknya.

Bashori mengaku, sesuai pasal 124 Tata Tertib DPRD, bahwa rapat paripurna dikatakan sah jika sudah memenuhi quorum yaitu dihadiri 2,3 anggota DPRD. Sesuai ketentuan, jika tidak memenuhi quorum maka paripurna di skors 1 jam. Jika tetap tak memenuhi quorum akan kembali diskors selama 1 jam.

Bashori menjelaskan, jika selama skors dua kali tetap tak memenuhi quorum, maka dikembalikan ke Banmus untuk menjadwal ulang rapat Paripurna. Karena tanggal 23 April mendatang Banmus memiliki agenda rapat, maka penjadwalan ulang paripurna Perda RPJMD akan sekalian di bahas dalam pertemuan tersebut.