Antisipasi Gangguan Psikis, Dinkes Situbondo Gencar Sosialisasi Dampak Permainan Game Online

0
BhasaFM
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, Abu Bakar Abdi (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Dinas Kesehatan Pemkab Situbondo meminta gamer mengurangi bermain game online, menyusul adanya kasus di sejumlah daerah yang mengalami gangguan psikis karena kecanduan main game online.

Saat ini, Dinkes sedang fokus melakukan sosialiasasi bahaya bermain game online. Dinkes juga meminta para orang tua, agar ikut mengontrol anaknya yang suka bermain game online.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, Abu Bakar Abdi, sejauh ini memang belum ada pengidap gangguan psikis akibat kecanduan main game online di Situbondo. Pihaknya melakukan langkah antisipasi karena di daerah lain sudah banyak yang menjadi korban terutama bagi anak-anak sekolah.

BACA JUGA :  Naik Sepeda Blusukan Bagikan Masker, Gubernur Jawa Timur Dorong UMKM Segera Bangkit

Abu Bakar mengaku, Dinkes punya Puskesmas Mlandingan sebagai tempat rujukan bagi pengidap gangguan psikis. Dinkes siap memberikan pelayanan jika ada penderita gangguan psikis akibat penggunaan gawai di Situbondo. Meski demikian kata Abu Bakar, pihaknya saat ini lebih gencar melakukan langkah antisipatif terutama bagi anak-anak sekolah. Oleh karena itu, Dinkes juga meminta bantuan pihak sekolah dan para orang tua, agar membatasi permainan game online karena dampaknya sudah nyata yaitu menyebabkan gangguan psikis.