Antisipasi Kampanye Hitam, Polres Bentuk Tim Khusus Berpatroli di Alam Maya

0
BhasaFM
Kapolres Situbondo, AKBP Awan Hariono (foto: Zaini Zain)

Situbondo– Masa kampanye, Polres Situbondo membentuk tim khusus memantau aktivitas warganet di media sosial. Tim khusus ini bertugas melakukan patroli di alam maya untuk mengantisipasi penyebaran kampanye hitam.

Tim khusus memantau peredaran informasi di media sosial. Polres khawatir adanya bentuk penyebaran informasi hoax, yang dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu 17 April besok.

Menurut Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono, dirinya membentuk tim cyber khusus Pemilu, karena saat ini pola interakasi masyarakat juga dilakukan di media sosial. Untuk pemantauan di lapangan, Polres memiliki tim on call yang terus bergerak melalukan pemantauan.

Kapolres menambahkan, pihaknya sangat mewaspadai penyebaran informasi di media sosial yang dapat memicu terjadinya keresahan. Selain itu, tim cyber juga memantau bentuk kampanye hitam yang dapat merusak reputasi kandidat calon peserta pemilu.

Untuk pengamanan Pemilu 17 April besok, Polres mengerahkan 466 personil. Satu orang anggota polisi bertugas mengamankan 10 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Tugas pengamanan juga di back up TNI dan Satlinmas di masing-masing TPS.