Antisipasi Pasien Corona Terus Bertambah, Pemkab Ajukan RS Elizabeth Jadi Rumah Sakit Rujukan

0
Bhasafm
Update penyebaran Covid-19 di Situbondo tanggal 06 April 2020

Situbondo- Rumah Sakit Umum dr. Abdoer Rahem Situbondo, kini sudah bisa merawat sendiri pasien positif Corona. Pasien asal Situbondo tak perlu lagi di rujuk ke Bondowoso maupun Jember.

Saat ini jumlah total warga Situbondo terkonfirmasi positif Corona berjumlah delapan orang. Dua pasien terbaru berasal dari Kecamatan Banyuputih dan Kapongan, sudah di rawat di RSUD Abdoer Rahem.

Satgas Covid-19 juga telah mengajukan Rumah Sakit Elizabeth ke Gubernur Jawa Timur, agar jadi rumah sakit rujukan. Dikhawatirkan, RSUD Abdoer Rahem tak bisa menampung pasien, jika sewaktu-waktu ada peningkatan jumlah pasien positif Corona.

BACA JUGA :  Ada Tambahan 12 Pasien Terkonfirmasi Positif Corona, Enam Pasien Dari Kecamatan Panji

Menurut Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto, Rumah Sakit Elizabeth bersedia jadi rumah sakit rujukan. Jika mendapat SK Gubernur maka di Situbondo akan punya dua rumah sakit rujukan khusus menangangani pasien Corona.

Dadang mengaku telah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit Elizabeth dan menyatakan siap menangani pasien Covid-19. Pihak rumah sakit juga sudah mempersiapkan ruangan khusus.

Lebih jauh Dadang menegaskan, saat ini RSUD Abdoer Rahem masih bisa menampung pasien. Pihaknya mengajukan RS Elizebteh jadi rumah sakit rujukan pasien Corona, untuk mengantisipasi terjadi penambahan pasien.