Banyak Kepala Dinas Pensiun, BKPSDM Bentuk Pansel Seleksi Terbuka Pejabat Esselon II

0
BhasaFM
Kabid Mutasi dan Kepangkatan BKPSDM Situbondo (foto: Zaini Zain)

Situbondo– Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Pemkab Situbondo, membentuk tim seleksi asessment pejabat esselon II. Pasalnya, saat ini ada beberapa jabatan pimpinan tinggi (JPT) sedang kosong karena sudah pensiun.

Beberepa jabatan Kepala OPD sedang kosong  diantaranya Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) dan Sekretaris DPRD. BKPSDM akan melakukan seleksi terbuka untuk mengisi jabatan tersebut.

Menurut Kabid Mutasi dan Kepangkatan BKPSDM, Muhammad Hasan, saat ini Pansel asessment sudah terbentuk. Ada lima nama disetujui Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta, terdiri dari akademisi, praktisi dan birokrasi.

Hasan mengatakan, nama-nama pansel tersebut telah disampaikan kepada Bupati. Mereka akan bertugas menseleksi pejabat eselon II untuk mengisi jabatan tertentu sesuai keahliannya .

BACA JUGA :  Sudah Sakit-Sakitan, Purnawirawan Polri Terharu Disambangi Kapolres Situbondo

Hasan mengaku, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017, tentang managemen PNS, bahwa pengisian jabatan esselon II Tidak bisa langsung ditunjuk kepala daerah. Pejabat harus di asessment terlebih dahulu untuk mengisi jabatan Kepala OPD. Saat ini, ada tiga jabatan eselon II kosong. Beberapa bulan ke depan, ada beberapa kepala dinas juga memasuki purna tugas.

Hasan menjelaskan, di Situbondo ada 26 pejabat eselon II akan mengikuti seleksi terbuka menjadi Kepala Dinas. Selama mengikuti seleksi, Pansel  tidak hanya berdasarkan hasil tes, melainkan akan mengkombinasi dengan rekam jejak dan hasil wawancara.