Baru Dua Parpol Serahkan Data Saksi ke Bawaslu

0
ketua Bawaslu Situbondo, Murtapik

Situbondo- Baru dua partai politik peserta Pemilu menyerahkan data saksi. Sedianya, partai politik sudah mengirimkan nama data saksi terakhir 10 Maret lalu, sebab para saksi masih akan diberikan bimbingan teknis (Bimtek).

Para saksi Parpol ini akan bertugas di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Mereka akan mengawasi pelaksanaan Pemilu di 2.442 TPS se Situbondo.

Menurut Ketua Bawaslu Situbondo, Murtapik, dari 16 parpol peserta Pemilu baru dua parpol menyerahkan data saksi, yaitu PBB dan PAN. Sedangkan PKS yang sebelumnya sudah menyerahkan data saksi, dikembalikan lagi karena ada perbaikan.

Murtapik menambahkan, sesuai kesepakatan awal, Parpol sudah menyerahkan data saksi 10 Maret lalu ke Bawaslu.  Untuk dua parpol yang sudah menyerahkan data saksi akan langsung dikirim ke Bawaslu Provinsi Jawa Timur.

BACA JUGA :  Kapolres Ingatkan Bermain Petasan Dapat Dijerat Undang-Undang

Bawaslu Situbondo kata Murtapik, akan menunggu petunjuk Bawaslu Jatim terkait Parpol yang belum menyerahkan data saksi. Nama-nama saksi parpol kemudian akan diberi bimtek terlebih dahulu.

Lebih jauh Murtapik menambahkan, rencananya Bawaslu akan memberikan Bimtek bulan Maret ini. Sebab diperkirakan ada 40 ribuan saksi Parpol yang akan mengawasi Pemilu 17 April mendatang.