Baru Satu Pasar Tradisional di Situbondo Berstandar Nasional

0
BhasaFM
pasar berstandar nasional1(foto: Zaini Zain)

Situbondo-Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemkab Situbondo, menargetkan empat pasar tradisional di Situbondo berstandar nasional tahun ini. Saat ini baru pasar tradisonal Kapongan mendapatkan rekomendasi SNI atau Standar Nasional Indonesia.

Sedangkan tiga pasar tradisional lainnya yang diproyeksikan mendapatrekomendasi SNI, masing-masing pasar Panarukan, pasar Mangaran dan psar Asembagus. Ketiga pasar tersebut masih dalam tahapa evaluasi Badan Standarisasi Nasional.

Menurut  Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Situbondo, Tutik Margiyanti, ada 44 parameter pasar tradisional bisa mendapatkan predikat SNI, yaitu seperti tersedianya ruang laktasi, MCK yang memadai serta kriteria lainnya harus  bersih dan sehat.

Setelah itu kata Tutik Margiyanti, pasar tradisional lain secara bertahap akan diajukan termasuk pasar Mimbaan. Pasar tradisional terbesar di Situbondo ini belum diajukan untuk mendapatkan SNI karena masih dalam tahap renovasi.

Tutik Margiyanti menambahkan, saat ini ada empat pasar di Situbondo sudah menerapkan E-retrebusi. Melalui pembayaran retrebusi pedagang langsung melalui Bank, akan mencegah terjadinya praktek pungli alias pungutan liar.

Tutik mengaku, keempat pasar yang sudah melakukan E-retrebusi diantaranya, pasar Kapongan, pasar Mangaran dan pasar Curahkalak. Sedangkan pasar lainnya masih sedang dipersiapkan perangkatnya oleh Bank yang ditunjuk melakukan kerjasama.