Bawaslu Tertibkan Atribut Kampanye di Masa Tenang

0
BhasaFM
Bawaslu menertiban atribut kampanye di hari tenang pemilu (foto: Zaini Zain)

Situbondo– Memasuki hari tenang Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), disibukan menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK). Bawaslu membersihkan atribut kempanye yang terpasang bertebaran di tempat-tempat umum.

Selain membersihkan atribut kampanye Calon Legislatif, Bawaslu juga menertibkan atribut pasangan calon presiden dan Calon Wakil Presiden, serta atribut partai politik peserta Pemilu.

BhasaFM
Bawaslu menertibkan atribut kampanye (foto: Zaini Zain)

Selama penertiban berlangsung, Bawaslu mendapatkan pengawalan aparat kepolisian, TNI dan Satpol PP. Bawaslu harus bekerja ekstra menertibkan baleho yang terpasang di sejumlah tempat strategis.

Menurut Ketua Bawaslu Situbondo Murtapik, Bawaslu sebenarnya sudah berkirim surat ke masing-masing Parpol agar menertibkan sendiri atribut kampanye. Bawaslu secara serentak mencopot atribut kampanye yang masih terpasang.

Pria yang akrab dipanggil Lopa itu mengatakan, Bawaslu mengerahkan Panwas Kecamatan dan Pengawas Desa untuk menertibkan atribut kampanye di 17 Kecamatan dan 136 Desa dan Kelurahan.

Lebih jauh Lopa mengatakan, selain bertanggungjawab menertibkan alat peraga kampanye, Bawaslu terus memantau mengantisipasi kecurangan pemilu terutama money politik. Oleh karena itu, Lopa menghimbau masyarakat melapor, jika menemukan adanya bentuk pelanggaran Pemilu melalui Panwascam maupun langsung ke Bawaslu Situbondo.