Belum Semua Kotak Suara Sampai di Kecamatan, Rekapitulasi Suara tingkat PPK Molor

0
BhasaFM
TNI-Polri kawal pengiriman logisitik Pemilu dari TPS ke PPK (foto: Zaini Zain)

Situbondo– Masyarakat harus bersabar untuk mengetahui hasil real count Pemilu. Pasalnya, penghitungan manual hasil Pemilu 17 April lalu di tingkat Kecamatan  tampaknya akan molor.

Hingga kemarin, belum ada satupun Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melakukan rekapitulasi suara, karena di beberapa Kecamatan belum seluruhnya KPPS menyetorkan hasil rekapitulasi suara di TPS ke PPK.

Menurut Ketua KPU Situbondo, Marwoto, molornya penghitungan suara tersebut disebabkan PPK masih belum siap. Beberapa Kecamatan sedianya melakukan rekapitulasi  kemarin, namun masih ditemukan kesalahan penulisan di kolom, seperti ketidaksesuaian jumlah daftar pemilih tetap (DPT).

Marwoto menambahkan, hingga kemarin belum semua kotak suara sampai di Kecamatan. Hari ini kata Marwoto, beberapa PPK akan mulai melakukan penghitungan suara, seperti PPK Kecamatan Kendit, Mangaran, Asembagus, Situbondo dan beberapa Kecamatan lainnya.

BACA JUGA :  Tata Janeeta Hipnotis Pengunjung Wisata Plaza Rengganis Situbondo

Marwoto mengaku, enam hari ke depan seluruh kecamatan sudah harus menyelesaikan rekapitulasi. Setelah itu, akan dilanjutkan penghitungan manual di tingkat kabupaten.

Marwoto mengatakan, pihaknya memaklumi molornya penghitungan suara, mengingat proses penghitungan di tingkat TPS memakan waktu cukup lama. Para petugas sudah bekerja keras siang dan malam untuk merampungkan rekapitulasi manual.

Lebih jauh Marwoto memastikan, molornya penghitungan di tingkat PPK tidak akan mengganggu tahapan penghitungan, mengingat waktunya masih cukup panjang. Penghitungan di tingkat Kabupaten dibatasi hingga awal Bulan Mei mendatang.