Berkat Pembangunan Jalan Baru, Warga Tiga Dusun Desa Alasbayur Sudah Tak Terisolir

0
BhasaFM
pembangunan infrastruktur pedesaaan situbondo (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pembangunan akses jalan baru di kawasan terpencil sudah selesai. Dinas  Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUR), membangunan jalan menggunakan rigit beton karena melintasi perbukitan.

Pembangunan akses jalan baru sepanjang 2,5 kilo meter, menghubungkan Desa Alasbayur dan  Desa Sumberanyar, Kecamatan Mlandingan. Pembangunan jalan ini sekaligus menghubungkan tiga dusun, yang sebelumnya seperti terisolir.

Menurut Kepala Desa Alasbayur, Hartono, pembangunan akses jalan baru tersebut sangat membantu warga. Ada ratusan Kepala Keluarga di tiga Dusun bisa menikmati pembangunan jalan tersebut, yaitu  Dusun Polai, Perengan dan Dusun Krajan.

Hartono mengatakan, sebelumnya warga menjual hasil pertanian ke pasar Wiringin Arak-Arak. Dengan pembangunan jalan tersebut, kini warga sudah bisa menjualnya ke pasar Mlandingan. Jarak tempuh juga lebih cepat dari 2, 5 jam menjadi 1 jam.

Hartono menambahkan, sebelumnya warga tiga dusun agak sulit turun ke bawah karena harus melewati jalan setapak. Apalagi di musim penghujan, jalan sulit dilalui karena licin. Dengan pembangunan jalan tersebut, menghubungkan tiga dusun di atas dengan dusun di bawahnya yaitu Dusun Kalampongan dan Dusun Bayur Bawah.

Selain dapat memudahkan akses tata niaga warga, pembangunan akses jalan tersebut membuka harapan baru bagi anak-anak di tiga dusun Desa Alasbayur. Saat ini mereka bisa melanjutkan Sekolah di Kecamatan Mlandingan.