BKPSDM Siapkan 100 Unit Komputer Tes CAT Bagi 3.823 CPNS

0
BhasaFM
Ilustrasi tes CAT

Situbondo- Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Pemkab Situbondo, mulai mempersiapkan pelaksanaan tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), bagi 3. 823 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Situbondo.

Pelaksanaan tes SKD ini akan berlangsung 20-hingga 27 Pebruari mendatang. Rencananya, tes tulis tahap awal akan digelar di GOR Baluran JalanPB Sudirman Situbondo.

Menurut Kabid Pengadaan Informasi dan Pegawai BKPSDM, Rini Indraswari, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Situbondo, menyiapkan 100 unit komputer untuk tes SKD CPNS. Ada 10 unit komputer cadangan juga dipersiapkan.

Rini menjelaskan, sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Nomor 24 tahun 2019, tentang kompetensi dasar pengadaan CPNS, bahwa  tahapan seleksi dilaksanakan menggunakan CAT atau Computer Assisted Test.

Dijelaskan, melalui tes CAT juga diberlakukan passing grade sebagai persyaratan kelulusan. Melalui tes berbasis CAT itu akan menutup peluang melakukan kecurangan. Sebab, nilai setiap CPNS bisa langsung diketahui setelah tes selesai. Selain itu, hasil tes CAT juga langsung masuk ke sistem Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

BACA JUGA :  Tak Ada Unsur Pelanggaran Pilkada, Bawaslu Hentikan Proses Laporan Iklan Cukai Tembakau

Lebih jauh Rini mengatakan, pelaksanaan tes SKD berbasis CAT dilaksanakan lima sesi dalam sehari. Dengan demikian, setiap harinya akan ada 500 CPNS mengikuti tes SKD.

Dari 3. 823 pelamar CPNS di Situbondo,  hanya akan diambil 100 orang pelamar, terdiri dari 67 tenaga kesehatan. 20 orang tenaga pendidik, 11 orang tenaga teknis serta dua orang formasi khusus penyandang disabilitas.