BPBD Situbondo Waspadai Rawan Longsor dan Pohon Tumbang di Jalur Pantura

0
BhasaFM
BPBD Waspadai Jalur pantura Situbondo rawan longsor dan pohon tumbang (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, mulai mewaspadai potensi rawan longsor dan pohon tumbang di jalur pantura Situbondo. Pengendara diminta berhati-hati saat sedang turun hujan.

Selain rawan longsor dan pohon tumbang, di beberapa titik jalur pantura juga rawan genangan air. BPBD Situbondo sudah mulai mengambil langkah antisipasi dengan memetakan daerah rawan bencana alam.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo, Gatot Trikorawan, pihaknya sudah melakukan pemetaan sebelum tahun baru. Ada beberapa titik rawan longsor di jalur pantura, diantaranya di Kecamatan Banyuglugur serta beberapa titik di Kecamatan Kendit dan Kecamatan Bungatan.

Gatot mengaku, di sejumlah titik tersebut terdapat tebing dan perbukitan di tepi jalan. Bahkan beberapa tahun lalu, di jalan raya Pacaron pernah terjadi longsor hingga menutup akses jalur pantura. Gatot mengaku akan memasang peringatan di sejumlah lokasi rawan longsor tersebut.

BACA JUGA :  SK Pemberhentian Kades Tanjung Pecinan Nunggu Tandatangan Bupati

Selain itu kata Gatot, di sepanjang jalan pantura banyak sekali pohon usianya tua dan rawan tumbang ke jalan. Kondisi tanah yang lembek jika diguyur hujan terus menerus, juga jadi penyebab pohon mudah tumbang.

Oleh karena itu kata Gatot, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, untuk melakukan pemotongan pohon yang usianya sudah tua, karena dikhawatirkan tumbang ke jalan raya.