BKPSDM Belum Terima Ambang Batas Nilai Seleksi PPPK

0
BhasaFM
Pegawai BKPSDM melihat persiapan tes CAT pelamar PPPK di SMKN 1 Panji (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Sebanyak 297 pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Situbondo, hari ini mengikuti ujian seleksi.  Ujian menggunakan sistem CAT atau Computer Assisted Test di SMK Negeri 1 Panji.

Pelaksanaan ujian dibagi menjadi tiga sesi. Kemungkinan besar tidak ada nilai ambang batas pelaksanaan tes PPPK. Hingga sore kemarin, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Situbondo, belum mendapatkan informasi terkait ambang batas nilai.

Kasubid Formasi dan Kepegawaian BKPSDM Situbondo, Echwan Darwianto mengatakan, jika tidak ada batasan minimal nilai, maka peserta harus mendapatkan nilai tertinggi. Karena menggunakan system CAT, nilai hasil tes bisa langsung diketahui seusai ujian.

Echwan mengatakan, ada lima ruang kelas disiapkan. Pihaknya sudah mengkroschek tak ada kendala teknis persiapan tes PPPK, karena di SMK Negeri 1 Panji sudah terbiasa melaksanakan ujian system CAT.

Echwan menambahkan, pelaksanaan tes dibagi menjadi empat sesi, yaitu  sesi pertama registrasi serta pembagian kartu login dan penyampaian token. Kemudian sesi kedua dimulai pada pukul 10.00 sampai pukul 12.15. Sesi ketiga dilaksanakan pukul 13.00 sampai pukul 15.15. Sedangkan sesi terakhir pada pukul 15.30 sampai pukul 17.45.

BACA JUGA :  Ditemukan Indikasi Penyelewengan, BPK Minta Sembilan Desa di Situbondo Kembalikan Keuangan Dana Desa

Lebih jauh Echwan menegaskan, pelaksanaan tes berlangsung 100 menit. Tes seleksi PPPK menggunakan beberapa soal, yaitu tes manajerial sebanyak 40 soal, sosial kultural sepuluh soal dan tes teknis sebanyak 40 soal.

Seperti diberitakan sebelumnya. Kabupaten Situbondo memiliki 404 kuota Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Kabupaten. Terdiri dari formasi guru sebanyak 367 orang, serta formasi penyuluh pertanian sebanyak 67 orang. Dari jumlah kuota yang tersedia, tenaga honorer yang mendaftar hanya 307 orang, namun hanya 297 bisa mengikuti tes, karena sepuluh pelamar tak lulus verifikasi.