Bupati Dadang Mengaku Perkembangan Kunjungan Wisata di Situbondo Cukup Bagus

0
BhasaFM
Bupati Dadang Wigiarto menyampaikan jawaban atas pertanyaan fraksi-fraksi saat rapat paripurna di kantor DPRD Situbondo (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, mengaku optimis kunjungan wisata di Situbondo akan terus meningkat.  Pernyataan ini disampaikan untuk menjawab pertanyaan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP), saat rapat paripurna di Kantor DPRD Situbondo, kamis kemarin.

Menurut Dadang, saat ini geliat kunjungan wisata di Situbondo sudah cukup bagus.  Hingga Agustus 2019 jumlah pengunjung wisata di Situbondo mencapai 493 ribu 204 orang, terdiri dari wisatawan nusantara sebanyak 492 ribu 206 orang dan wisatwan asing sebanyak  998 orang.

Dadang mengaku,  saat ini Pemkab memiliki 13 destinasi unggulan. Banyaknya pengunjung akan menggerakan perekonomian sekitar objek wisata, serta meningkatkan PAD sektor akomodasi hotel dan restoran.

Dadang mengingatkan, agar pengelola wisata menjaga keberlangsungan, mengingat ketatnya persaingan pariwisata antar daerah. Oleh karena itu, Pemerintah akan terus melakukan peningkatan sarana dan prasana kawasan pariwisata.

BACA JUGA :  Warga Binaan Rutan Situbondo Digeledah Petugas Gabungan

Bupati menambahkan, untuk pengolaan pasir putih sudah semakin baik. Pihak perusda sudah mulai menata managemen termasuk memberlakukan tiket elektronik untuk mengantisipasi kebocoran tiket masuk pengunjung.

Selain itu kata Dadang, selama ini Pemkab telah melakukan berbagai bentuk promosi wisata, baik melalui berbagai event maupun promosi melalui media sosial, serta promosi di luar daerah.  Pemkab juga telah melakukn pelatihan kepada pelaku usaha wisata, serta pengembangan SDM kreatif melalui penyusunan data base usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

Lenbih jauh Dadang Wigiarto menegaskan, rintisan tahun kunjungan wisata yang baru dimulai sejak Mei lalu, harus terus dijaga keberlangsungannya. Pengelola wisata harus melibatkan partisipasi berbagai komunitas, untuk ikut mempromosikan kunjungan wisata ke Situbodo.