Bupati Dadang Menyebut Larang Mutasi Tak Berlaku Bagi Dirinya Karena Tak Mencalonkan Lagi

0
BhasaFM
Bupati Dadang Wigiarto saat melantik 127 pejabat esselon II, III dan IV di Pendopo Kabupaten (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, mengaku ketentuan UU No 10 Tahun 2016, tentang pemilihan kepala daerah, tidak berlaku terhadap dirinya meski Kabupaten Situbondo akan melangsungkan Pilkada tahun ini.

Ditemui usai melantik 127 pejabat esselon II, III dan IV di pendopo Kabupaten, Selasa sore kemarin, Dadang  mengaku bahwa ketentuan larangan Kepala Daerah melakukan mutasi sejak 8 Januari, tidak berlaku untuk dirinya karena tidak mencalonkan lagi sebagai Bupati 23 September mendatang.

Menurut Dadang, jika Wakil Bupati mencalonkan jadi Bupati, juga tidak ada ketentuannya dengan larangan mutasi tersebut, karena wakil Bupati tidak ikut mendandatangani dokumen. Selama ini posisi Wakil Bupati  tidak masuk dalam Baperjakat sebagaimana ketentuan undang-undang.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Bawaslu Situbondo, Murtapik mengaku, bahwa larangan mutasi pejabat telah diatur di dalam pasal 71 ayat (2) UU Nomor 10 Tahun 2016. Dijelaskan, bahwa Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Walikota atau Wakil Walikota, dilarang melakukan penggantian pejabat sejak enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon yang akan dilakukan pada 8 Juli 2020 mendatang.

BACA JUGA :  Kunker Bu Gubernur

Pria yang akrab dipanggil Lopa itu menambahkan,  mengacu pada ketentuan perundang-undangan, maka sejak tanggal 8 Januari Bupati dan Wakil Bupati dilarang melakukan mutasi. Jika ketentuan tersebut dilanggar, saksinya juga sudah dijelaskan dalam pasal 71 ayat (5), yaitu  Komisi Pemilihan Umum bisa membatalkan pencalonannya jika sudah ditetapkan menjadi calon.

Lopa menambahkan, Bupati dan Wakil Bupati yang ingin kembali mencalonkan, diperbolehkan melakukan mutasi atas persetujuan Menteri. Selain itu, Bupati dan Wakil Bupati juga masih diperbolehkan jika ingin mengisi kekosongan jabatan dengan menunjuk pelaksana tugas atau Plt.