Bupati Dadang Wigiarto Apresiasi Sedotan Bambu Produksi Warga Sumbermalang di Ekspor ke Dubai

0
BhasaFM
Bupati Situbondo dan Wabup saat mempresentasikan pengembangan wisata Sumbermalang di acara Symphony rengganis (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, mengaku sangat mengapresiasi hasil kreatifitas warga Sumbermalang berupa sedotan dari bambu, ternyata sudah di ekspor ke Luar Negeri.

Menurut Dadang, kreatifitas warga  tersebut sudah sejalan dengan keinginan Pemkab untuk mengembangkan pariwisata di plaza rengganis. Saat ini kata Dadang, Pemkab sudah menyiapkan master plann pembangunan wisata di lereng gunung argopuro tersebut.

Dadang menambahkan, dirinya sangat serius mengembangkan wisata di Sumbermalang, karena lereng gunung argopuro dengan wisata plaza rengganis dan padang savana sekasur, memiliki magnet tersendiri bagi wisatawan.

Dadang mengaku, melalui pengembangan sektor pariwisata, diharapkan akan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat Sumbermalang itu sendiri.

BACA JUGA :  Tipikor Polres Situbondo Dalami Penyebab Pengerjaan Proyek Fisik Molor

Dadang menambahkan, dirinya bersama Wakil Bupati Yoyok Mulyadi, sudah mengumpulkan komunitas pemuda di Sumbermalang. Saat ini, sudah ada kreatifitas warga Sumbermalang berupa sedotan bambu  di ekspor ke Dubai.

Potensi semacam itu lanjut Bupati, harus terus didorong agar menjadi daya ungkit pertumbuhan ekonomi. Dadang mengaku meminta komunitas pemuda mengadakan event berskala nasional, seperti minum kopi massal menggunakan sedotan bambu pasti akan masuk Rekor MURI, karena belum pernah ada di daerah lain.

Menurutnya, melalui event promosi seperti itu diharapkan ekspor sedotan bambu hasil kreatifitas warga Sumbermalang tak hanya di ekspor ke luar negeri, melainkan bisa menguasai pasar dalam negeri.