Bupati Dadang Wigiarto Ingin Perkuat Kinerja Tim saber Pungli

0
BhasaFM
Bupati Situbondo Dadang Wigiarto (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, mengaku ingin memperkuat kinerja tim saber pungli. Bupati mengatakan perlu ada evaluasi secara berkala, agar alur kinerja tim saber pungli semakin terarah.

Pernyataan ini diungkapkan Dadang Wigiarto, saat memimpin evaluasi kinerja tim saber pungli semester pertama tahun 2019, di ruang intelegence room Pemkab Situbondo. Tim Saber pungli merupakan tim gabungan lintas sektoral, terdiri dari aparat Kepolisian, Kejaksaan dan Pemkab Situbondo.

Sebelumnya, tim saber pungli pernah melakukan beberapa kali operasi tangkap tangan sejumlah kasus Perona di Situbondo. Namun belakangan, kinerja tim saber pungli ini sudah nyaris tak terdengar.

Menurut Bupati Dadang Wigiarto, evaluasi secara berkala sangat diperlukan. Tujuannya,  agar kinerja tim saber pungli lebih efektif terutama di bidang pencegahan upaya melawan hukum.

BACA JUGA :  LSM Gempur Minta Komisi II DPRD Situbondo Menyelidiki Desas Desus Penjualan Aset Pemkab

Dadang menambahkan, pembentukan tim saber pungli bukan hanya formalitas. Kedepan akan dilakukan evaluasi setiap semester, untuk mengukur kinerja tim saber pungli. Melalui evaluasi tersebut akan diketahui apa saja yang harus dibenahi.

Dadang mengaku, fungsi paling penting tim saber pungli yaitu melakukan pencegahan. Dengan begitu, tim saber pungli harus bisa merubah perilaku pejabat melalui sistem.

Saat ini kata Dadang, Pemkab Situbondo sendiri sudah menerapkan sistem pelayanan IT. Melalui program digitalisasi ini sangat mempermudah melakukan kontrol dari atas ke bawah.