Bupati Minta Satgas Desa Sudah Mulai Bergerak Cegah Penyebaran Virus Corona

0
Bhasafm
Pemkab Situbondo menyiapkan layar data penyebaran virus Corona di Situbondo (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo meminta semua kepala desa segera bergerak, membentuk Satgas di tingkat desa bernama Siskamling Covid-19, untuk mencegah penyebaran virus Corona. 

Menurut Sekretaris Daerah Situbondo, Syaifullah, sesuai instruksi Bupati, bahwa semua Kepala Desa sudah mulai bergerak melakukan pencegahan penyebaran virus Corona per 1 April 2020.

Syaifullah yang juga Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten, mengatakan, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2020, tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar, maka akses jalan menuju desa harus mulai terpantau melalui kebijakan isolasi terbatas.

Syaifullah mengaku, sesuai perintah Bupati Satgas ditingkat desa atau Siskamling Covid-19, harus memantau setiap pergerakan warga di desanya baik yang akan masuk maupun keluar.

BACA JUGA :  Kapolres Situbondo Ingatkan Semua Paslon Patuh Protokol Kesehatan Covid Selama Kampanye

Menurutnya, sesuai petunjuk teknis setiap warga luar yang akan masuk harus tercatat, termasuk warga desa yang akan bepergian ke luar daerah juga tercatat. Untuk warga desa yang baru datang bekerja dari luar daerah, harus tercatat riwayat  medisnya agar memudahkan petugas medis melakukan pemantauan.

Lebih jauh Syaifullah mengatakan,  bagi desa yang terjadi kejadian luar biasa dan terdapat warganya melakukan isolasi mandiri, maka Pemerintah desa harus menanggung kebutuhan hidupnya. Semua operasional Siskamling Covid-19 menggunakan APBDes, sedangkan untuk Kelurahan menggunakan DAU tambahan.