Bupati Situbondo Buka Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan II Tahun 2020

0
BhasaFM
Bupati Situbondo Buka Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan II (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pola pengembangan sumber daya manusia dalam lingkup birokrasi khususnya Profesi ASN mengalami proses perubahan, hal ini berdasarkan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 16 Tahun 2019 Tetang Pelatihan Kepemimpinan Administrator. Ini disosialisasikan kepada peserta pelatihan Kepemimpinan Angkatan II Tahun 2020, Kamis(27,2) pagi di Wisma Gor Baluran Situbondo. Dan diikuti oleh 30 orang peserta. Dari tanggal 27 Februari  sampai 05 Juni 2020.

H. Dadang Wigiarto, SH menjelaskan jabatan administrator tentunya merupakan jabatan kepemimpinan dalam pola karir sebagai ASN. Jabatan administrator sebelumnya dikenal sebagai jabatan Eselon III, yang dalam organisasi biasanya disejajarkan dengan jabatan Camat, maupun jabatan kepala bidang.

BACA JUGA :  Setiap KUA Punya Data Janda dan Duda Melalui Aplikasi

Bupati Situbondo  juga menekankan kepada para peserta,  agar mampu mengintegrasikan dan mengarahkan seluruh SDM pegawai, serta cakap dalam berinovasi. Untuk memanfaatkan digitalisasi demi terwujudnya pelayanan publik yang transparansi.  Hal ini sangat diperlukan bagi seorang pejabat administrator.

Seorang pejabat administrator harus punya kemampuan manajerial dan dapat mengarahkan seluruh sumber daya pegawai. Pelatihan tidak saja tentang menjadwalkan dan menghitung jam pembelajaran, tapi juga membangun alur pikir dan pemahaman. Terutama dalam mengikuti ritme dan daya saing global dengan memanfaatkan digitalisasi dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.  Hal ini untuk memangkas sistem birokrasi yang selama ini dikenal berbelit – belit.