Bupati Situbondo Ingin Festival Pesantren Kian Meriah

0
BhasaFM
Festival pesantren (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, membuka festival pesantren di alun-alun kota Situbondo, Sabtu malam kemarin. Bupati menginginkan festival pesantren kian meriah, untuk menggali potensi kaum santri sekaligus memperkenalkan Situbondo sebagai kota Santri.

Festival pesantren ke IV tahun 2019 ini diikuti perwakilan santri dari 17 Kecamatan di Situbondo. Festival pesantren diisi berbagai  perlombaan bernuansa islami, seperi lomba qiro’ah, lomba puisi, lomba kaligrafi, serta perlombaan hadrah.

Menurut Bupati Dadang Wigiarto, pelaksanaan festival pesantren akan terus di evaluasi agar semakin meriah.  Kedepan festival harus lebih memiliki orientasi, agar nilai-nilai di pesantren bisa diketahui publik di luar pesantren.

BACA JUGA :  Operasi Zebra, Polisi Prioritas Tindak Anak di Bawah Umur Nekat Naik Motor

Dadang mengaku, festival pesantren bukan semata-mata kepentingan pesantren, melainkan menjadi kepentingan publik. Oleh karena itu, menjadi kewajiban pemerintah untuk terus memeriahkan festival pesantren tersebut dengan melibatkan langsung kaum santri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Situbondo, Tutik Margiyanti mengaku, bahwa festival pesantren ini diikuti kalangan pesantren, karena menjadi rangkaian kegiatan Hari Santri Nasional 2019.

Tutik mengaku, sesuai arahan Bupati pihaknya akan mengevaluasi festival pesantren, agar kedepannya lebih meriah lagi, termasuk membangunan sinergitas dan komunikasi dengan semua elemen pesantren di Situbondo.