Bupati Situbondo Ingin Kuliner Laut Jadi Wisata Nasional

0
bhasaFm
Pemkab MoU dengan Unair (5/3) (Foto: Zaini Zain)

Situbondo– Pemkab Situbondo akan membrending kuliner wisata laut, menyambut kunjungan wisata 2019 mendatang.  Bupati Dadang Wigiarto ingin kuliner laut Situbondo menjadi referensi wisata kuliner nasional.

Saat ini Pemkab menggandeng Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, untuk melakukan percepatan pembangunan di Situbondo. Penandatangan MoU kerjasama dengan Unair dilakukan di ruang Bupati, Senin kemarin (5/3).

Menurut Bupati Dadang Wigiarto, MoU kerjasama dengan Unair tidak hanya masalah pariwisata saja, melainkan mencakup berbagai aspek pembangunan. Dadang mengaku, kehadiran Unair akan sangat membantu, mengingat Unair memiliki SDM yang cukup untuk membantu melakukan percepatan pembangunan di Situbondo.

Dadang mengaku, Mou kerjasama tersebut akan ditindaklanjuti Organisasi Perangkat Daerah. Dinas Pariwisata akan bekerjasama dengan fakultas pariwisata, begitu pula dengan Dinas Pendidikan maupun Dinas Kesehatan dan Dinas lainnya.

Dadang menambahkan, untuk bidang pariwisata Unair akan mentraining penyediaan kuliner. Dengan kekuatan pantainya Situbondo akan menjadi referensi nasional wisata kuliner laut.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan dan Pelatihan Terpadu Unair Surabaya, Eko Supeno  mengatakan, kerjasama dengan Pemkab Situbondo tak hanya melakukan peningkatan kapasitas SDM di pemerintahan, melainkan penguatan SDM masyarakat secara umum.

Eko Supeno menambahkan, penguatan SDM bisa berkaitan dengan ekonomi kreatif. Namun selain itu kata Eko Supeno,  Unair juga ikut membantu permasalahan yang selama ini dihadapi masyarakat Situbondo. Misalnya di bidang pertanian, Unair akan melakukan penguatan SDM petani hingga persoalan produksi.

Lebih jauh Eko Supeno menegaskan, bahwa kerjasama tersebut pastinya akan menguntungkan kedua belah pihak. Unair yang selama ini bergelut dengan dunia riset dan teori, kini bisa menerapkannya langsung di lapangan.