Bupati Situbondo Instruksikan Semua Kepala Desa Lakukan Isolasi Terbatas

0
Bhasafm
Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto, meminta seluruh Kepala Desa melakukan isolasi terbatas, untuk mencegah kian meluasnya penyebaran virus Covid-19. Bupati juga mengingatkan masyarakat, agar tetap menjaga physical distancing atau jaga jarak kontak fisik.

Dadang meminta Kepala Desa bersikeras untuk membatasi berkumpulnya masyarakat. Melalui gerakan isolasi terbatas ini setiap Kepala Desa mulai mencatat keluar masuknya warga, baik dari luar ke dalam maupun dari dalam yang ingin bepergian keluar.

Menurut Dadang, secara teknis kepala desa bisa melibatkan Babinsa dan Bhabinkabtibmas memberlakukan sistem isolasi terbatas. Bagi desa yang hanya memiliki satu jalur pintu masuk akan sangat mudah melakukan pemantauan. Namun bagi desa yang memiliki banyak pintu masuk, kepala desa tinggal memilih perioritas pintu masuk yang akan di pantau.

BACA JUGA :  Masa Pendemi Diduga Jadi Penyebab Tingginya Kekerasan Anak dan Perempuan

Dadang menambahkan, untuk Kepala Desa yang memiliki akses ke jalan raya pantura diminta memantau warung-warung yang berada di jalur pantura bersama pihak Kecamatan. Camat bersama Kades harus mengedukasi pemilik warung, agar tetap menjaga jarak aman serta menggunakan masker jika melayani pembeli, terutama bagi pengendara yang transit berasal dari luar kota.

Dadang mengaku yakin, melalui isolasi terbatas akan mencegah kian meluasnya penyebaran virus Corona. Setidaknya, hasil pencatatan data pemantauan setiap desa, akan memudahkan petugas medis melakukan pelacakan jika sewaktu-waktu terdapat warga terkonfirmasi positif Corona.

Meski setiap kepala desa melakukan isolasi terbatas, Dadang mengingatkan agar hal itu tak mengganggu perekonomian. Kebiasaan masyarakat dari satu desa bekerja di desa lain harus tetap berjalan meski harus dalam pemantauan.