Bupati Situbondo Minta 115 Kades Yang Baru Dilantik Akan Memajukan Desa

0
BhasaFM
Pengambilan sumpah-Bupati Situbondo melantik 115 Kepala Desa di GOR Baluran Situbondo (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto melantik 115 Kepala Desa hasil Pilkades serentak 23 Oktober lalu. Satu kepala desa gagal dilantik karena masih bersengketa di Pengadilan Negeri Situbondo.

Ditemui usai pelantikan di GOR Baluran Situbondo, Bupati Dadang Wigiarto meminta para Kades yang baru dilantik, agar bekerja keras untuk memajukan desa. Saat ini masih tercatat sepuluh desa di Situbondo menyandang status tertinggal.

Dadang Wigiarto menambahkan, sepuluh desa tersebut paling banyak berada di wilayah barat, yaitu Kecamatan Mlandingan dan Suboh. Dadang memberi batas waktu dua tahun agar kades terpilih segera mengeluarkan status desa tertinggal menjadi desa berkembang.

Menurut Dadang, sepuluh desa berstatus tertinggal itu disebabkan karena beberapa faktor, yaitu ketahanan sosial, ekonomi, dan ketahanan lingkungan. Tiga aspek itu harus benar-benar menjadi prioritas kepala desa.

Dadang menjelaskan, ada lima kategori desa yaitu desa mandiri, maju, berkembang, tertinggal dan sangat tertinggal. Hingga kini belum ada desa mandiri di Situbondo, sedangkan desa berstatus berkembang sebanyak 93 desa dan desa maju sebanyak 29 desa. Oleh karena itu, Dadang meminta agar desa yang masuk kategori berkembang di dorong menjadi desa maju, sedangkan desa maju bisa naik statusnya menjadi desa mandiri.

BACA JUGA :  34 Karyawan PT PMMP Terpapar Corona Sudah Sembuh

Lebih jauh Dadang Bupati Dadang Wigiarto mengatakan, pemerintahan desa  menjadi bagian terpenting dalam kemajuan daerah.  Pemdes harus terus dipacu melakukan pembenahan melalui indeks desa membangun. Melalui bantuan dana desa yang diterima masing-masing desa, diharapkan akan mempercepat kemajuan desa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Situbondo, Lutfi Joko Prihatin, mengatakan sebanyak 115 kades yang baru dilantik, agar langsung menjalankan tugas-tugasnya.

Menurut Lutfi, kewenangan yang melekat pada kades, diharapkan dijalankan sebaik-baiknya. Para kades yang baru dilantik diharapkan membawa perubahan di desanya masing-masing. Harus ada langkah kreatif dan inovatif untuk membangun desa lebih maju lagi.