Bupati Situbondo Perintahkan Kadinsos Tak Ragu Keluarkan Penerima PKH Sudah Mampu

0
BhasaFM
Bupati Dadang Wigiarto didampingi Kepala Dinas Sosial Abu Bakar Abdi saat menghadiri acara apresiasi PKH (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, memerintahkan kepala Dinas sosial, agar tidak ragu mengeluarkan penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), jika dinilai sudah mampu dan tak memenuhi komponen sebagai penerima.

Bupati mengaku menyiapkan program lanjutan, agar warga yang dikeluarkan sebagai penerima bantuan PKH, benar-benar mandiri melalui berbagai program pendampingan keterampilan.

Ditemui usai menghadiri acara di Kantor Dinas Sosial beberapa waktu lalu, Dadang Wigiarto mengaku dirinya meminta Kepala Dinas Sosial, agar tahun ini menyelesaikan verifikasi faktual penerima PKH.

Menurut Dadang, melalui verfal tersebut akan diketahui layak atau tidaknya menerima bantuan PKH. Jika tidak layak langsung dikeluarkan dan dialihkan kepada warga miskin yang lain dan dinilai lebih membutuhkan.

BACA JUGA :  Sakip Dapat Nilai A, Pemkab Situbondo Terima DID Rp. 12 Milliar

Dadang menambahkan, melalui verfal tersebut akan diketahui jumlah warga penerima PKH yang sudah dikeluarkan. Jumlah tersebut akan disinergikan dengan program pemberdayaan di sejumlah OPD, seperti Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi dan UMKM serta Dinas Pariwisata.

Tujuannya kata Dadang, untuk memberdayakan agar mereka benar-benar mandiri setelah tidak lagi menerima bantuan PKH. Dadang menambahkan, saat ini Pemkab sedang mempetakan data jumlah warga miskin di Situbondo, agar pemberian bantuan dan pendampingan benar-benar tepat sasaran.

Perlu diketahui. Saat ini jumlah penerima bantuan PKH di Situbondo sebanyak 39. 331 orang. Jumlah total bantuan PKH di Kabupaten Situbondo mencapai 110 Miliar 225 Juta lebih.  Dari jumlah tersebut sudah ada 70 orang mengundurkan diri secara mandiri, karena merasa sudah mampu dan tak berhak lagi menerima PKH.