Bupati Situbondo Sebut 71,5 Persen Masyarakat Puas Pelayanan Pemerintah

0
BhasaFM
Bupati Situbondo Dadang Wigiarto menyampaikan LKPJ APBD 2018 di Kantor DPRD Situbondo (foto: Zaini Zain)

Situbondo– Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, menyebut 71,5  persen masyarakat Situbondo puas pelayanan pemerintah. Pernyataan ini disampaikan Bupati saat menyampaikan LKPJ APBD 2018, di Kantor DPRD Situbondo beberapa waktu lalu.

Menurut Dadang Wigiarto, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) ini diambil dari empat sampel pelayanan dasar, yaitu pelayanan dasar pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Kependudukan.

Dadang mengaku, melalui capaian IKM 71, 5 persen berarti pelayanan Pemerintah di Situbondo masuk kategori baik. Kedepan Pemerintah harus terus meningkatkan pelayanan lebih baik lagi, karena salah satu ukuran keberhasilan program pemerintah yaitu tingkat kepuasan masyarakat.

BACA JUGA :  Lantik Anggota BPD, Wabup Situbondo Titip Penggunaan Dana Desa Sesuai Prosedur

Selain itu, Dadang juga menyampaikan bahwa salah satu keberhasilan pembangunan yaitu ketersediaan lapangan pekerjaan. Saat ini, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Situbondo sebanyak 1, 92 persen. Jumlah ini cukup baik menempatkan Kabupaten Situbondo berada di peringkat ketiga terendah di Jawa Timur.

Dadang menambahkan, pertumbuhan ekonomi selama 2018 diperkirakan sebesar 5, 15 persen. Ada kenaikan jumlah pertumbuhan ekonomi dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya tumbuh sebesar 5,7 persen. Pertumbuhan ekonomi ini, juga berdampak terhadap penurunan angka kemiskinan 1, 23 persen di Situbondo.

Saat ini peringkat Kabupaten Situbondo naik dari 27 ke peringkat 24 di Jawa Timur, dengan  jumlah penduduk miskin sebesar 11, 82 persen.