Bursa Inovasi Desa Dorong Desa Kembangkan Tiga Sektor Inovatif

0
BhasaFM
Bursa Inovasi Desa Dorong Desa Kembangkan Tiga Sektor Inovatif (Foto: Zaini Zain)

Situbondo-Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, membuka Bursa Inovasi Desa (BID), di Gedung Olahraga Baluran, Selasa (16/10) kemarin.  Bursa Inovasi Desa menjadi ajang pertukaran pengetahuan untuk mendorong setiap desa terus berinovasi.

Pegelaran bursa inovasi desa ini menyediakan berbagai menu kegiatan inovatif berskala nasional maupun hasil identifikasi lokal. Masing-masing desa disediakan kartu ide dan kartu komitmen. Setiap desa bisa mengusulkan ide-ide inovatif, maupun siap berkomitmen mereplikasi kegiatan bursa inovasi desa yang tersedia untuk dianggarkan dalam APBDES 2019 mendatang.

Bursa inovasi desa skala nasional menyediakan 84 kegaiatan terbagi menjadi 24 bidang infrastruktur, 35 kegiatan sumberdaya manusia dan 25 bidang kegiatan pengembangan ekonomi lokal. Sedangkan inovasi skala lokal disediakan 61 kegiatan, terbagi menjadi 4 bidang infrastruktur, 18 bidang sumberdaya manusia serta 39 pengembangan ekonomi lokal.

BACA JUGA :  Antisipasi Pengerahan Massa ke Jakarta, Petugas Gabungan Sweeping Jalur Pantura

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Situbondo, Suradji, bursa inovasi desa ini merupakan program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, agar setiap desa bisa saling bertukar pengetahuan di bidang inovasi.

Suradji menambahkan, sudah kedua kalinya Pemkab Situbondo menggelar bursa inovasi desa. Kegiatan ini kata Suradji, untuk mendorong pemanfaatan dana desa, dengan menyediakan rujukan inovasi terhadap desa.