Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Dari Jalur Independen Harus Didukung 41.920 e-KTP

0
BhasaFM
Rapat Pleno penetapan persyaratan minimum calon perseorangan Pilkada Situbondo (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Rapat pleno KPU Situbondo menetapkan persyaratan dukungan calon dari jalur independen, yang ingin maju menjadi Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati pada Pilkada 2020 mendatang.

Pasangan calon perseorangan harus mendapatkan dukungan  minimal 41.920 warga, yang dibuktikan dengan foto copy e-KTP. Selain itu, jumlah dukungan harus tersebar di 50 persen jumlah Kecamatan se-Situbondo.

Menurut Divisi Teknis KPU Situbondo, Iwan Suryadi, penetapan persyaratan pasangan calon perseorangan sebesar 8,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT), mengacu pada DPT terakhir Pemilu 2019.

Iwan menjelaskan, jumlah DPT terakhir di Situbondo sebanyak 493.169. Oleh karena itu, sebanyak 8,5 persen dari jumlah tersebut berarti 41.920 warga. Tidak hanya itu, penyebaran dukungan minimal di sembilan Kecamatan atau 50 persen dari 17 Kecamatan di Situbondo.

BACA JUGA :  Kunker Bu Gubernur

Iwan mengaku, KPU akan mengumumkan secara resmi pendaftaran serta persyaratan calon perseorangan akhir November mendatang. Selanjutnya, penyerahan dukungan disampaikan kepada KPU mulai tanggal 11 Desember 2019 sampai tanggal 05 Maret 2020.

Menurutnya, KPU akan melakukan penelitian dan menverifikasi dukungan pasangan calon perseorangan. Pengumpulan  dokumen perseorangan dalam bentuk formulir model B.1 KWK-Perseorangan.