Cegah Penularan Virus Corona di Situbondo, Bupati Keluarkan Surat Edaran Gerakan PHBS dan Burdah Keliling

0
BhasaFM
Bupati Situbondo usai rapat bersama Forkopimda dan Tokoh Agama terkait kewaspadaan penularan virus Corona di Situbondo (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, akhirnya mengeluarkan keputusan meliburkan sekolah hingga 29 mendatang. Kebijakan ini sebagai tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo.

Menurut Bupati Dadang, Dinas Kesehatan Situbondo secara teknis akan mempersiapkan bentuk pelayanan medis, untuk mencegah penularan virus Corona di Situbondo.

Dadang juga mengaku akan mengintensifkan sosialisasi gerakan cuci tangan serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan cara mengubah perilaku masyarakat diharapkan akan efektif menangkal penularan virus corona.

Tak hanya itu, Bupati Dadang Wigiarto berharap, agar seluruh umat muslim di Situbondo memperbanyak pembacaaan sholawat nariyah yaitu 4.444 kali. Bupati juga meminta para takmir Masjid, agar membaca Qunut Nazilah setiap sholat lima waktu dan sholat jum’at.

BACA JUGA :  Kunker Bu Gubernur

Dalam surat edaran tentang peningkatan kewaspadaan terhadap virus Corona, Bupati Dadang wigiarto meminta para Camat, Lurah dan Kepala Desa di Situbondo,  agar membaca Burdah Keliling sambil membawa obor. Hal itu sesuai anjuran Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Situbondo. Oleh karena itu kata Bupati, pelaksanaan Burdah Keliling bisa berkoordinasi dengan MWC NU di masing-masing Kecamatan.

Bupati Dadang Wigiarto mengeluarkan surat edaran tentang peningkatan kewaspadaan terhadap virus Corona, setelah melakukan koordinasi bersama Forkopimda, Pimpinan Organisasi perangkat Daerah serta meminta masukan tokoh agama, Senin kemarin.