Dibebaskan Lebih Cepat 49 Narapidana Situbondo Sujud Syukur di Depan Penjara

0
Bhasafm
narapidana bebas secara asimilasi mencegah virus corona (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Sebanyak 49 narapidana Rumah Tahanan Negera (Rutan) Situbondo, akhirnya bisa menghirup udara bebas. Mereka dibebaskan lebih cepat atau bebas secara asimilasi, untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Para narapidana yang bebas langsung melakukan sujud syukur di depan penjara. Para keluarga yang sudah menunggunya di depan gerbang penjara terlihat menangis tak kuasa menahan haru.

Menurut Kepala Rutan Situbondo, Hariyono, narapidana yang bebas lebih cepat di masa asimilasi, merupakan narapidana yang sudah 2,3 menjalani hukuman. Mereka akan menjalani masa asimilasi di rumah masing-masing.

Hariyono menjelaskan, semua narapidana yang bebas merupakan pidana umum. Mereka dibebaskan  lebih cepat sesuai Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 10 Tahun 2020, serta Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM  Nomor M.H-H.19.PK.01.04.04 Tahun 2020, tentang Asimilasi dan Integrasi dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

BACA JUGA :  Setiap KUA Punya Data Janda dan Duda Melalui Aplikasi

Hariyono mengaku, di Rutan Situbondo ada 49 narapidana bebas secara asmilasi. Pemulangannya dilakukan bertahap hingga 7 April mendatang untuk mengantisipasi berkumpulnya warga. Untuk Kamis kemarin, ada 13 orang narapidana yang sudah di pulangkan.

Lebih jauh Hariyono mengatakan, sebelum dipulangkan para narapidana  diberi pengarahan serta sosialisasi pencegahan virus corona.  Mereka harus tetap berada di rumah untuk menjaga physical distancing, serta berperilaku hidup sehat dan bersih.