Dinas Peternakan Kembali Gelar Kontes Hewan Ternak

0
BhasaFM
Kontes ternak sapi (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Ini kabar terbaru bagi pecinta hewan ternak di Situbondo. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Pemkab Situbondo, kembali menggelar kontes ternak di alun-alun Besuki.

Kontes yang akan berlangsung sejak tanggal 5 hingga 7 Agustus mendatang, akan melombakan 12 katergori hewan ternak sapi, yaitu kategori pedet betina Peranakan Ongole (PO), calon induk PO, induk PO, serta pejantan PO. Selain itu, ada juga kategori pedet betina hasil Inseminasi Buatan (IB), calon induk hasil IB, induk hasil IB, calon kreman hasil IB, kreman hasil IB, serta ternak sapi jumbo atau kategori ekstrem.

BACA JUGA :  Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Situbondo Dilakukan di Grahadi Surabaya

Menurut plt Kepala Disnak Keswan Situbondo, drh Hasanuddin Riwansyah, kontes hewan ternak ini merupakan bentuk pembinaan agar bisa merangsang peternak. Selain itu, kontes ternak juga untuk menaikan harga jual hewan ternak menjelang hari raya idul adha.

Hasanuddin mengaku, pihaknya sudah melakukan berbagai tahapan kontes ternak, yaitu melalui seleksi yang dilakukan manteri hewan di setiap Kecamatan. Hewan ternak yang dibawa ke kontes merupakan hewan ternak pilihan.        

Lebih jauh Hasanuddin menegaskan, selain kontes ternak sapi, ada juga kontes ternak domba, diantaranya terdiri dari pejantan DEG  atau Domba Ekor Gemuk serta induk DEG.