Dinas Sosial Salurkan Bantuan Khusus Para Lansia

0
BhasaFM
Simbolis, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dan Kepala dinas Sosial Lutfi JP memberikan bantuan sembako bagi lansia (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Dinas Sosial Pemkab Situbondo memberikan bantuan paket sembako bagi warga lanjut usia (Lansia). Bantuan ini khusus akan dilakukan selama lima bulan kedepan, untuk mengurangi beban lansia yang sebagian besar janda.

Ada 195 lansia menerima bantuan Rabu kemarin. Umumnya, para lansia ini hidup sendiri dan sudah tak mampu lagi bekerja. Penerima bantuan ini tersebar di empat Kelurahan, yaitu Kelurahan Patokan dan Dawuhan, Kecamatan kota Situbondo, serta Kelurahan Mimbaan dan Ardirejo, Kecamatan Panji.

Menurut Kepala Dinas Sosial Pemkab Situbondo, bantuan paket sembako akan disalurkan setiap bulan. Selain memberikan bantuan sembako, Bupati menginginkan ada program anjangsana untuk  melihat keberadaan para lansia setiap waktu, terutama bagi mereka yang hidup sebatang kara.

BACA JUGA :  Pendaftarnya Lebih Dari Lima Orang, Cakades di 11 Desa Akan Ikut Seleksi

Lutfi mengaku, sebenarnya di Kabupaten Situbondo ada sekitar 24 ribu lansia tersebar di 132 Desa dan empat Kelurahan. Namun tahun ini Dinsos baru bisa memberi bantuan sembako di kawasan kota. Menurutnya, tahun depan bantuan bagi lansia tersebut akan ditingkatkan. Selain itu kata Lutfi, Dinas Sosial juga memiliki program kelompok usaha bersama bagi janda yang masih usai produktif. Program ini diharapkan dapat membantu hidup para lansia yang rata-rata janda akan lebih mandiri.