Dinsos Situbondo Amankan Pengidap Gangguan Jiwa Karena Meresahkan Warga

0
BhasaFM
Pengidap gangguan jiwa diamankan di ruangan shelter Dinas Sosial (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Seorang pengidap gangguan jiwa bernama Mistar, 40 tahun, diamankan Dinas Sosial Pemkab Situbondo, karena dinilai kerapkali meresahkan warga setempat.

Mistar diamankan dari rumahnya di Desa Tanjungkamal, Kecamatan Mangaran. Mistar konon sudah cukup lama mengidap gangguan jiwa. Belakangan ini ia selalu berulah membuat warga mengaku khawatir.

Salah seorang warga, Abdul Aziz, mengatakan, dirinya bersama warga lainnya berinisiatif menyerahkan Mistar ke Dinas Sosial agar mendapat perawatan medis. Menurut Abdul Aziz, baru-baru ini Mistar merusak dua sepeda milik warga, serta mengamuk dan melukai salah seorang warga.

Aziz mengaku, Mistar memang masih memiliki KTP luar kota, karena sebelum mengalami gangguan jiwa menikah dengan warga Kalisat, Jember. Namun Setelah bercerai, Mistar pulang ke rumahnya sendiri  di Mangaran.

BACA JUGA :  Pembebasan Lahan Jalan Tol di Situbondo Akan Segera Dilakukan

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemkab Situbondo, Lutfi Joko Prihatin, mengatakan, pihaknya langsung mengamankan yang bersangkutan ke ruangan Shelter, karena sebelumnya menerima pengaduan masyarakat.

Menurut Lutfi, Setelah dimandikan dan ditempatkan di ruangan shelter, pengidap gangguan jiwa itu mulai berangsur-angsur membaik emosinya.

Lutfi menambahkan, untuk penanganan lebih lanjut, dirinya masih berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Rencananya akan dikirim  ke UPT tempat penampungan ODGJ atau Orang Dengan Gangguan Jiwa agar mendapat penanganan medis.