Disdikbud Mulai Verifikasi Soal UASBN SMP 2019

0
BhasaFM
Tim memverifikasi soal UASBN 2019 (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab Situbondo, mulai menverifikasi soal Ujian Akhir Sekolah Berbasis Nasional  (UASBN) untuk SMP 2019.

Pembuatan soal sudah dilakukan 1 Maret lalu. Saat ini tim sedang memverifikasi, untuk  memilih soal yang sesuai dengan standar kompetensi pembuatan soal.

Kasie SMP Disdikbud Situbondo, Hasan Basri, mengatakan, setiap mata pelajaran dibuat soal sebanyak mungkin. Saat ini soal yang sudah selesai dibuat tersebut sedang diverifikasi, untuk disesuaikan dengan standar kompetensi pembuatan soal.

Hasan Basri menambahkan, pembuatan soal memang sudah dibatasi kisi-kisi. Untuk pembuatan soal UASBN melibatkan empat dewan guru didampingi pembina mata pelajaran. Selain itu, pembuatan soal diawasi langsung pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

Hasan Basri mengaku, sesuai rencana UASBN SMP akan berlangsung 8 April mendatang. Ada 10 mata pelajaran sudah selesai dibuatkan soal ujian. Sesuai ketentuan sekitar 20-25 persen soal UASBN berasal dari Kemendikbud, dan sekitar  75-80 persen dari tim pembuat soal tingkat Kabupaten.

Lebih jauh Hasan Basri mengatakan, UASBN itu merupakan tolak ukur persiapan siswa mengikuti Ujian Nasional. Dari sepuluh mata pelajaran yang diujikan, empat di antaranya berbasis komputer, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan IPS.