Donatur Australia Melihat Langsung Pengobatan Mata Gratis di Situbondo

0
BhasaFM
Seorang donatur menyalami warga situbondo usai operasi mata katarak (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Donatur asal Australia melalui Yayasan John Fawcett Foundation (JFF), kembali menggelar operasi mata katarak gratis di Situbondo. Bakti sosial bidang kesehatan itu bekerjasama dengan Pemkab Situbondo dan LPM Merak.

Puluhan donatur asal Australia melihat langsung operasi mata katarak secara massal di GOR Baluran, pagi kemarin. Ada 2.530 warga miskin di Situbondo mengikuti pengobatan mata gratis, terdiri dari 500 orang operasi katarak. 30 orang operasi protessa atau pergantian bola mata palsu, serta 2000 orang pengobatan mata dan bantuan kacamata minus.

BhasaFM
Donatur Australia memantau pengobatan mata gratis di GOR Situbondo (foto: Zaini Zain)

Menurut Direktur LPM Merak, Kamarul Muniri, pengobatan mata katarak itu merupakan kegiatan rutin dengan JFF yang berkantor di Bali. LPM Merak dan Pemkab Situbondo sebagai pelaksana lokal, sudah melakukan pemeriksaan awal di setiap Puskesmas bagi warga yang ingin mengiktui operasi katarak.

BACA JUGA :  Banyak Pohon Keropos di Tepi Jalan Pantura Mengancam Nyawa Pengendara

Pria yang akrab di panggil Arul itu menambahkan, pengobatan mata gratis akan berlangsung selama tiga hari sejak kemarin hingga 9 Oktober mendatang. Selama pengobatan mata massal itu berlangsung di pantau langsung sekitar 75 donatur asal Australia.

Sementara itu, salah seorang Donatur asal Australia, Adam Hudson mengaku senang bisa membantu melakukan pengobatan mata di Situbondo. Adam Hudson mengaku sangat senang melihat warga antusias mengikuti program tersebut.

Menurut Adam Hudson, dirinya sudah tiga tahun jadi donatur kegiatan sosial pengobatan mata, namun baru kali ini bisa melihat langsung di Situbondo.