Dorong Gemar Membaca, Sekda Ingin Perpustakaan Sekolah Bersinergi Dengan Desa

0
BhasaFM
Sekda Syaifullah membuka workshop gemar membaca (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Para guru diminta terus berinovasi mendorong para siswa gemar membaca. Pernyataan ini diungkapkan Sekretaris Daerah, Syaifullah, saat membuka acara workshop gemar membaca, Kamis kemarin.

Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemkab Situbondo,  melibatkan 40 guru Sekolah Dasar. Tujuannya untuk menggalakan gemar membaca di sekolah.

Menurut Syaifullah, memang perlu metode menarik agar para siswa gemar membaca. Kemajuan teknologi informasi, bisa menggeser kebiasaan membaca. Buku harus menjadi sahabat para siswa.

Selain itu, Syaifullah juga mengusulkan, agar perpustakaan sekolah  tak hanya diperuntukkan bagi siswa, melainkan bisa diakses masyarakat umum. Oleh karena itu, Syaifullah menginginkan perlunya  ada sinergi antara sekolah dan pemerintah desa.

BACA JUGA :  Personil Pengamanan Pilkada Dibekali Cara Evakuasi Pasien Covid-19

Sementara itu. Kabid Perpustakaan, Tri Soedjita mengatakan, pihaknya akan terus mengelorakan kegiatan gemar membaca, melalui kegiatan workshop maupun blusukan ke lokasi destinasi wisata. Kegiatan membaca harus menjadi kebiasaan di sekolah maupun di tengah masyarakat.

Menurut Tri Soedjita, melalui kegiatan workshop yang melibatkan para guru, diharapkan akan banyak sekolah memiliki perpustakaan terakreditasi.  Semangat gemar membaca harus ditanamkan, karena dengan membaca pengetahuan akan semakin luas.