DPMD Berharap Tak Ada Copy Paste SPJ Dana Desa

0
BhasaFM
Kepala DPMD Situbondo, Lutfi Joko Prihatin (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Situbondo, melakukan fasilitasi penyelesaian permasalahan pengelolaan keuangan dan kekayaan serta pendapatan desa. Fasilitasi dilakukan menjelang akhir tahun angaran, agar semua desa bisa merampungkan SPJ tepat waktu.

Menurut Kepala DPMD Situbondo, Lutfi Joko Prihatin,  pihaknya melakukan fasilitasi pengelolaan keuangan maupun kekayaan dan pendapatan desa, karena sesuai perintah Bupati Dadang Wigiarto,  tidak akan ada lagi desa bermasalah dalam mengelola keuangan Dana Desa.

Lutfi mengaku, salah satu tertib pengelolaan keuangan yaitu pembuatan SPJ, karena akan menjadi acuan pertanggung jawaban pelaksanaan program.   Lutfi menghimbau pembuatan SPJ tidak asal-asalan apalagi sampai terjadi copy paste.

Lutfi menambahkan, selama dirinya melakukan fasilitasi melalui masing-masing Kecamatan, pihaknya banyak menerima keluhan tentang SDM perangkat desa. Kedepan, DPMD akan terus melakukan pendampingan dengan mengoptimalkan tenaga pendamping desa.

BACA JUGA :  Pedagang Senang Pemkab Kembali Buka CFD

Lutfi mengaku, pihaknya akan terus mendorong setiap desa terus berinovasi melalui dana desa. Penggunaan dana desa harus bisa mengubah desa dengan menggali potensi masing-masing desa.

Lebih jauh mantan Kepala Dinas Sosial itu mengingatkan, agar setiap desa tak memaksakan menggunakan dana desa tahap ketiga karena waktunya sudah mepet. Jika tidak mungkin pengerjaannya selesai tepat waktu, maka anggaran dana bisa dimasukan Silpa untuk program tahun 2020. Semua desa diharapkan bisa merampungkan SPJ tepat waktu yaitu 10 Januari 2020 mendatang.

Seperti diketahui. Bantuan dana desa untuk Kabupaten Situbondo 2019 mencapai 133 Miliar lebih. Bantuan DD tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun 2018 yang hanya 115 miliar.