DPMD Segera Gelar FGD Pilkades E-Voting

0

Situbondo- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD) Pemkab Situbondo, akan melakukan Forum Group Discussion (FGD), terkait Pemilihan Kepala Desa serentak 2019 mendatang.

Pelaksanaan Pilkades di 115 Desa di Situbondo, untuk pertama kalinnya akan menggunakan Electronic Voting  (e-voting). FGD Pilkades E-voting akan dilaksanakan Senin depan di Pemkab Situbondo, melibatkan berbagai elemen.

Menurut Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Yogie Krispian Sah, Pilkades menggunakan system e-voting  di Situbondo, akan dilaksanakan akhir 2019 mendatang.

Yogie menambahkan, Pilkades menggunakan system e-voting  akan lebih efektif dan efisien. Rekapitulasi suara bisa dengan cepat dilakukan, karena sudah terjumlah dengan sendirinya di dalam sistem.

Yogie mengaku, Pilkades dengan system E-Voting berbasis e-KTP. Pilkades E-Voting menggunakan system offline sehingga tidak akan terganggu jaringan internet. Masyarakat akan beralih dari mencoblos ke menyentuh foto masing-masing calon Kades. Oleh karena itu kata Yogie, pihaknya melakukan FGD sekaligus untuk sosialisasi awal pelaksanaan Pilkades E-Voting 2019.