Dua Abad Usia Kabupaten Situbondo Kukuhkan Pembangunan Ekonomi Melalui Sektor Wisata

0
BhasaFM
ilustrasi
Situbondo- Kabupaten Situbondo genap berusia dua abad. Di usianya yang ke 200 tahun tersebut Pemkab Situbondo mengukuhkan tahun kunjungan wisata 2019 mendatang, menjadi salah satu sektor pengembangan ekonomi Situbondo.

Oleh karena itu, Pemkab menentukan tiga indikator keberhasilan kunjungan wisata, yang berkaitan langsung dengan perputaran uang di Situbondo.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Situbondo, Sofwan Hadi, sesuai arahan Bupati Dadang Wigiarto, bahwa indikator keberhasilan kunjungan wisata akan dilihat dari tingginya kunjungan wisatawan asing maupun domestik.

Indikator lainnya kata  Sofwan Hadi, tak hanya banyaknya pengunjung wisata, melainkan lamanya di Situbondo, serta biaya yang mereka keluarkan selama berada di Situbondo.

Sofwan menambahkan,  selama ini sudah banyak wisatawan asing datang ke Situbondo meski mereka hanya transit. Bahkan destinasi wisata baru di Tampora, sudah mulai dikunjungi wisawatan asing.

Sofwan mengaku, agar wisatawan bisa bertahan lama di Situbondo, maka di persiapkan wisata kuliner khas Situbondo. Saat ini Pemkab sedang mempersiapkannya, agar tiga indikator keberhasilan pariwisata tercapai.

Lebih jauh Sofwan Hadi mengatakan, tahun kunjungan wisata 2019 mendatang merupakan langkah awal. Selanjutnya, Pemkab akan terus menerus mempromosikan  agar wisawatan mau berkunjung ke Situbondo.

Saat ini lanjut Sofwan, Pemkab sudah melakukan promosi wisata Situbondo di bandara-banda internasional, salah satunya di Bandara Juanda Surabaya.