Empat Warga Situbondo Terkonfirmasi Positif Corona Tersebar di Tiga Kecamatan

0
Bhasafm
Update_ Data penyebaran virus di Situbondo (foto: istimewa)

Situbondo– Jumlah warga Situbondo terjangkit virus Corona terus bertambah. Data terbaru yang dirilis Gubernur Jawa Timur dan Pemkab Situbondo melalui akun media sosialnya disebutkan, ada empat warga Situbondo terkonfirmasi positif virus Covid-19. Mereka tersebar di tiga Kecamatan.

Dua hari sebelumnya, ada dua orang warga terjangkit virus Corona berasal dari Kecamatan Bungatan. Kedua korban yang tinggal satu Kecamatan itu dikabarkan sama-sama baru pulang dari luar negeri.

Dua penderita terbaru berasal dari Kecamatan Panarukan dan Kecamatan Besuki. Saat ini ada tiga orang warga Situbondo tercatat berstatus PDP atau Pasien Dalam Pengawasan. Selain itu, ada peningkatan ODP atau Orang Dalam Pemantauan virus Corona. Saat ini jumlah ODP menjadi 121 orang, setelah dua hari sebelumnya masih dilaporkan 117 orang. Mereka tersebar di 16 Kecamatan.

BACA JUGA :  Pasien Corona di Situbondo Bertambah Jadi 20 Orang, Satu Ibu Hamil Meninggal

Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto, saat jumpa pers di Kantor Pemkab, Sabtu sore kemarin mengatakan,  Satgas Covid-19 akan fokus mensterilkan daerah pasien positif Corona. Dinas Kesehatan telah melakukan tracking Kontak Erat (KE), dengan orang-orang yang berhubungan dengan pasien baik langsung maupun tidak langsung.

Dadang mengaku, karena pemerintah telah menetapkan Kabupaten Situbondo masuk zona merah, maka Satgas harus bekerja keras mengurai penyebaran virus Corona. Bupati meminta masyarakat menjadi keluarga tangguh, dengan tetap berada di dalam rumah, menjaga perilaku hidup sehat dan bersih, serta menjaga social distancing dan physical distancing.

Dadang menjelaskan, kalau pun harus terpaksa keluar rumah, masyarakat diminta menggunakan pelindung seperti masker, serta selalu menjaga jarak aman.