Funtastic Colour Run, Ruang Kaum Disabilitas Berbaur Dengan Masyarakat Umum

0
BhasaFM
Funtastic Colour Run di alun-alun Situbondo (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Kegiatan Funtastic Colour Run, Minggu pagi kemarin, menjadi ruang kaum disabilitas berbaur dengan masyarakat umum. Kegiatan tersebut sekaligus meneguhkan kampanye anti deskriminasi terhadap kaum disabilitas.

Funtastic Colour Run bertema “Warna-warni Keceriaan Situbondo Inklusif”, di pusatkan di alun-alun Situbondo. Kegiatan ini melibatkan seluruh kaum disabilitas di Situbondo maupun perwakilan dari berbagai daerah di Jawa Timur.

Menurut Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto, bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari deklarasi kabupaten inklusi pada tahun 2018 lalu. Pemkab Situbondo berkomitmen kegiatan Funtastic Colour Run bukan hanya seremonial semata, melainkan menjadikan ruang bagi kaum disabilitas dengan masyarakat umum.

BACA JUGA :  Pasien Covid Meninggal Karena Punya Penyakit Penyerta Diabetes

Dadang mengaku, sejak deklarasi Kabupaten inklusi dua tahun lalu, pemkab secara bertahap telah menyediakan sarana dan prasarana pelayanan publik bagi kaum disabilitas, seperti di perkantoran dan tempat-tempat umum.

Dadang Wigiarto mengatakan, kegiatan Funtastic Colour Run diikuti dua ribu lebih pelari dari berbagai kategori. Di antaranya, kategori SD, SMP, SMA, umum, serta disabilitas.  Oleh karena itu, Pemkab akan mengagendakan kegiatan rutin tahunan. Dengan demikian, lambat laun kaum marginal akan terbiasa membaur dengan masyarakat umum.

Menurutnya, kaum disabilitas mempunyai hak yang sama bukan lagi pada perspektif belas kasihan, melainkan dalam perspektif Hak Asasi Manusia. Kedepan, tidak akan ada lagi sekat antara kaum disabilitas dengan masyarakat umum.