Gelar Apel Tenda, Bupati Situbondo Beri Alarm OPD Bernilai C dan CC

0
BhasaFM
Bupati Dadang memeriksa nilai OPD saat Apel Tenda (foto: Zaini Zain)

Situbondo– Ada yang beda upacara Pegawai Negeri Sipil di halaman belakang Kantor Pemkab Situbondo, Senin pagi kemarin.  Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dan Wakil Bupati Yoyok Mulyadi, menjadi inspektur upacara apel tenda.

Upacara apel tenda ini dalam rangka memberikan penilaian kinerja  masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Triwulan I di tahun 2019. Seluruh OPD berbaris di bawah tenda menjadi empat kelompok,  sesuai rangking kinerja yaitu kelompok B,  BB, C dan CC.

Menurut Bupati Dadang Wigiarto, penilaian kinerja ini bertujuan untuk mengontorol kinerja setiap OPD. Targetnya, Bupati ingin memperbaiki kinerja pelayanan publik kepada masyarakat.

Dadang mengaku tidak akan membiarkan OPD memilik kinerja kurang bagus. Pengelompokan B dan BB serta C dan CC, agar kedua kelompok  ini terus meningkatkan kinerja atau setidaknya mempertahankan  nilai yang sudah dicapainya.

Bupati memberikan alarm bagi OPD yang memiliki nilai C dan CC. Untuk nilai C masih ditemukan banyak kekurangan namun tidak menyentuh program mendasar. Sedangkan yang mendapatkan nilai CC, ditemukan banyak kekurangan dan berdampak terhadap pertanggung jawaban yang mendasar.

Lebih  jauh Bupati Dadang menambahkan,   penilaian terhadap masing-masing OPD di lakukan setiap triwulan maupun penilaian mingguan. Jika minggu depan tak ada perkembangan akan kembali di evaluasi secara menyeluruh.

Dadang berjanji dirinya bersama Wabup akan memberikan tindakan tegas, jika OPD yang mendapatkan nilai C dan CC tetap stagnan dan tidak perkembangan.