Gelar Sekolah Jurnalistik, PMII Situbondo Siapkan Kader Nitezen Melawan Hoax di Media Sosial

0
BhasaFM
sekolah jurnalistik (7/10) (Foto: Zaini Zain)

Situbondo-Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Situbondo, mengadakan sekolah jurnalistik. Kegiatan yang melibatkan Mahasiswa dan siswa tersebut, dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul Huda, Desa Paowan, Kecamatan Panarukan.

Sekolah jurnalistik bertajuk “Gerakan Literasi Menuju Sejuta Perubahan” berlangsung selama dua hari, sejak Sabtu hingga Minggu kemarin. Para kader PMII dilatih jadi citizen journalism, untuk ikut memerangi informasi hoax di media sosial.

Selama dua hari, para peserta dibekali berbagai materi jurnalistik dan praktek lapangan. Meteri yang disampaikan berupa teknik jurnalistik dasar, teknik membuat konten videografi, serta dilatih menjadi citizen journalism.

Menurut Ketua PC PMII Situbondo, Muhammad Nur Fadhil, PMII Situbondo akan terus melakukan sekolah jurnalistik ke sekolah-sekolah SLTA. Tujuannya, untuk membentengi generasi muda dari pengaruh negative teknologi informasi.

Fadhil menambahkan, kemajuan teknologi informasi harus dimanfaatkan untuk kegiatan positif. Melalui pembekalan literasi tersebut yang memadahi, PMII menyiapkan kader-kader nitezen, untuk mengisi konten-konten positif dan menginspirasi di media sosial.