Google Indonesia Saksikan Launching Intelligence Room Pemkab Situbondo

0
BhasaFm
launching Intelligence Room (14/5) (Foto: Zaini Zain)

Situbondo– Pemerintah Kabupaten Situbondo  terus berinovasi di bidang teknologi informasi. Kali ini Pemkab melaunching Intelligence Room, sebagai sebuah sistem informasi terpadu  dan terintegrasi dengan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah.

Launching Intelligence Room di lanti II Pemkab Situbondo, Selasa pagi kemarin (14/5), disaksikan langsung Google Indonesia Bakorwil Jember, Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, serta seluruh pejabat Forkopimda.

Menurut Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, Intelligence Room menjadi pusat informasi Pembangunan Kabupaten Situbondo. Saat ini tak ada batas dan hambatan mendapatkan informasi, maupun mengevaluasi kinerja masing-masing OPD. Semua proses pembangunan akan transparansi dan bisa terakses.

Dadang menambahkan, Intelligence Room atau Ruang Intelegensi memiliki Sembilan fungsi, diantaranya, Analisis Pengambilan Keputusan. Visualisasi Demografi Daerah. Monitoring dan Evaluasi Kinerja Pemerintahan. Monitoring Pelayanan Publik. CCTV. Tracking Information System. Video Conference, serta Pusat Pengaduan Masyarakat dan Pusat Penyusunan Strategi.

Dadang menambahkan, Intelligence room terisi layar besar dengan sistem informasi terpadu. Ada 225 aplikasi berupa 125 layanan Stempel. 50 website pelayanan dan 45 aplikasi Intelligence Room sendiri.

Intelligence room  ini lanjut Dadang, merupakan langkah Kabupaten Situbondo menuju Smart Society. Dengan demikian, Kabupaten Situbondo siap bersaing di era digitalisasi dan globalisasi.

Saat ini kata Dadang, dirinya tidak perlu lagi memanggil Kepala Dinas tertentu, karena Intelligence room   sudah bisa mengkomunikasikan melalui Video Conference dengan beberapa Kepala OPD sekaligus.

Tidak hanya itu,  Intelligence room    akan memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Seperti halnya proses perijinan yang sebelumnya butuh waktu waktu tiga hari, kali ini hanya cukup dilakukan satu jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.