Gubernur Jatim Merilis Dua Warga Situbondo Positif Terjangkit Virus Corona

0

Situbondo- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa,  merilis data terbaru pasien Covid-19, Jum’at petang kemarin. Dua warga Situbondo terkonfirmasi dinyatakan positif terjangkit virus Corona.

Kabupaten Situbondo juga ditetapkan masuk zona merah, bersama tiga Kabupaten lain di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Lumajang, Jember dan kota Batu. Belum diketahui secara detail status dua pasien Corona asal Situbondo. Sebelumnya, ada tiga pasien asal Situbondo masuk PDP atau Pasien Dalam Pengawasan di rawat di Rumah Sakit dr. Koesnadi Bondowoso.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto, saat jumpa pers di ruang intellengence room Pemkab, Jum’at pagi, mengakui ada penambahan jumlah PDP Covid-19 di Situbondo, dari sebelumnya berjumlah tiga orang menjadi lima orang.

Menurut Dadang,mereka yang berstatus PDP di rawat di rumah sakit rujukan di Bondowoso dan Jember. Dari lima orang tersebut tersebut satu orang dinyatakan sudah sembuh.

BACA JUGA :  Pasien Covid Meninggal Karena Punya Penyakit Penyerta Diabetes

Dadang menjelaskan, bertambahnya jumlah PDP disebabkan karena ada pasien PDP lama yang sebelumnya sudah pulang, kini  kembali masuk rumah sakit. Sedangkan jumlah warga Situbondo masuk ODP atau Orang Dengan Pemantauan turun menjadi 112 orang dari sebelumnya 114 orang.

Saat telekonfren dengan Gubernur Jawa Timur, Bupati Dadang juga meminta dibantu akses informasi dengan rumah sakit rujukan. Dadang mengaku kesulitan mengakses perkembangan informasi warga Situbondo, yang berstatus PDP di rumah sakit rujukan.        

Berdasarkan data Pemkab Situbondo, warga Situbondo yang masuk ODP itu tersebar di 14 Kecamatan. Mereka masuk ODP karena baru datang berkunjung dari luar daerah terdampak maupun baru pulang dari luar negeri.