Gubernur Jatim Paparkan Pemulihan Ekonomi Nasional Di Masa Pandemi

0
Bhasafm
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memaparkan kondisi ekonomi dan pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi, di Pendopo amukti praja, Selasa, 2 Maret 2021 ( foto: Zaini Zain )

Situbondo- Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meminta pembuatan RPMD atau Rencana Jangka Panjang Menengah Daerah, memperhatikan RPMJD Provinsi dan RPJM Nasional. Pembuatan RPMJD maupun RKPD harus singkron  agar berkesinambungan .

“RPJMD/RKPD ini merupakan dokumen yang harus disinkronkan dengan provinsi maupun RPJMN,” tuturnya, di Pendopo Amukti Praja, Selasa, 2 Maret 2021.

Khofifah juga menceritakan kebijakan nasional dan daerah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi.  Ia meminta bantuan dana yang berdampak terhadap perekonomian masyarakat segara dicairkan.

Menurut Khofifah, saat ini pertumbuhan ekonomi dari konsumsi rumah tangga di Jatim mencapai 4,8 persen yaitu di atas rata-rata nasional 4,3 persen. Oleh karena itu, Khofifah meminta Pemkab Situbondo, agar mempercepat pencairan Bantuan Langsung Tunai Desa (BLT desa) yang bersumber dari anggaran dana desa.

“Selain itu, bantuan PKH harus juga dicairkan untuk menekan kontraksi ekonomi,” sambunya.

BACA JUGA :  Pelaku Pesta Miras Dua Kali Sebelum Bacok Korban di Areal SPBU Watu Longguh

Data yang diterima Bhasa menyebutkan. Pemerintah Desa sebetulnya bisa mencairkan Dana Desa meski APBD 2021  di Situbondo masih belum rampung. Syaratnya, Pemerintah Desa harus menyelesaikan APBDes 2021.

Kalau sudah ada 51 persen dari jumlah desa menyelesaikan APBDes di Situbondo, maka sudah bisa mengajukan pencarian dana desa melalui  KPPN atau Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara.

KPPN merupakan kuasa bendahara umum Negara untuk menyalurkan dana dari kas Negara ke berbagai satuan kerja. Untuk termen pertama pencairan dana desa sebanyak 40 persen atau sekitar 110 miliar untuk Situbondo. Kalau dana yang cukup besar itu berputar di masyarakat, diyakini akan bisa mengurangi kontraksi ekonomi akibat pandemi.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengaku akan mengumpulkan seluruh camat, untuk membantu memberikan pendampingan terhadap 132 desa di Situbondo, agar bisa segera menyelesaikan APBDes.

“Kalau dana desa  dicairkan tanpa APBDes, akan menyulitkan nantinya. Makanya kami akan meminta Camat mendampingi pembuatan APBDes agar dana desa bisa cepat dicairkan,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain