Hanya 30 Persen Jumlah Koperasi Sehat di Situbondo

0
BhasaFM
ilustrasi
Situbondo- Selama empat tahun terakhir ini, kondisi koperasi di Situbondo terus menurun. Dari 712 koperasi yang ada hanya sekitar 30 persen tergolong masuk kategori koperasi sehat. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Pemkab akan terus melakukan pendampingan, agar koperasi yang ada akan lebih produktif.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Sugiyono, jumlah koperasi sehat seharusnya mencapai 50 persen dari jumlah koperasi yang ada. Saat ini, jumlah koperasi sehat di Situbondo hanya 30 persen. Jumlah itu sekaligus berada dibawah jumlah koperasi sehat Provinsi Jawa Timur yang mencapai 35 persen.

Sugiyono mengaku, salah satu indikator koperasi sehat, yaitu melaksanakan RAT atau Rapat Anggota Tahunan. Saat ini masih banyak koperasi tidak melaksanakan RAT.

Sugiyono menambahkan, melaksanakan RAT merupakan bentuk pertanggung jawaban terhadap anggota. Jika selama tiga tahun tidak pernah melaksanakan RAT, maka koperasi tersebut perlu pengawasan khusus.

Sugiyono mengatakan, berdasarkan hasil monitoring di lapangan, penyebab koperasi tidak sehat disebabkan karena faktor SDM. Oleh karena itu, Sugiyono mengaku akan mengoptimalkan pendampingan, karena sesuai data yang ada, trend koperasi terus menurun  selama empat tahun terakhir ini.

Menurutnya, pada tahun 2015 silam jumlah koperasi sehat masih mencapai 40 persen. Kini malah anjlok jadi 30 persen. Sugiyono menargetkan pada tahun 2019 nanti, jumlah koperasi sehat di Situbondo mencapai 50 persen.