Hanya 431 BUMDes di Jawa Timur Sudah Maju dan Berkembang

0
BhasaFM
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jatim, Moh. Yasin (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyediakan klinik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), mengingat hanya ada 10 persen BUMDes di Jawa Timur  yang sudah maju dan berkembang. Pernyataan ini diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jawa Timur, Muhammad Yasin.

Saat ditemui di acara  Jatim Specta Night Carnival ke-6 di alun-alun Situbondo, Yasin mengaku masih sedikit jumlah BUMDes di Jawa Timur yang siap bersaing. Pemrov menyediakan klinik BUMDes untuk mendorong percepatan  BUMDes.

Yasin mengaku, Pemprov juga telah menandatangani kerjasama dengan PT Pos Indonesia saat pembukaan JSNC di destinasi wisata keramba apung, untuk mempercepat distribusi hasil produk BUMDes.

BACA JUGA :  Kurang Sosialisasi Job Fair Marketing Sepi Pelamar

Yasin menjelaskan, di Jawa Timur ada 7. 724 desa dan baru 5.400 desa yang memiliki BUMDes. Dari jumlah tersebut, baru 431 BUMDes yang sudah maju dan berkembang. Padahal Pemrov menginginkan BUMDes akan mempercepat kemajuan perekomian desa.

Lebih Jauh Muhammad Yasin mengatakan, salah satu BUMDes di Jawa Timur ada yang sudah berpenghasilan 9 Miliar tahun 2018, dan telah menyumbang Pendapatan Asli Desa sebesar 1,3 Miliar.