Hanya Satu Kades Belum Rampungkan SPJ DD dan ADD

0
BhasaFM
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo, belum menentukan jangka waktu lamanya pemberhentian sementara dua Kepala Desa

Situbondo– Jumlah Desa yang belum merampungkan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ), penggunaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (DD ADD), masih simpang siyur. Sebelumnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menyebutkan ada 11 Desa belum merampungkan SPJ, namun kali ini merubah menjadi satu Desa.

Satu Desa yang belum merampungkan SPJ DD dan ADD 2017 yaitu Desa Gadingan, Kecamatan Jangkar.  Dengan demikian, Kepala Desa Gadingan terancam diberhentikan sementara dari jabatannya. Kabarnya rekomendasi masih diproses dan dalam waktu dekat akan diserahkan Camat Jangkar ke Bupati Dadang Wigiarto.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Yogi Krispian Sah mengatakan, sebelumnya memang ada 11 Desa mendapat peringatan ketiga. Menurutnya, 10  dari 11 Desa yang mendapat peringatan ketiga bisa menyelesaikan SPJ hingga batas akhir yaitu tanggal 3 Pebruari.

Meski begitu kata Yogi, 10 Desa yang menyetorkan SPJ tanggal 3 Pebruari, memang masih harus direvisi karena ada beberapa koreksi yang harus disempurnakan.  Oleh karena itu kata Yogi, hanya satu Desa yang belum menyelesaikan SPJ yaitu Desa Gadingan, Kecamatan Jangkar.

Lebih jauh Yogi menegaskan, karena tidak bisa menyelesaikan SPJ, maka sesuai ketentuan Kades Gadingan akan diberhentikan sementara. Saat ini kata Yogi, Bupati masih menunggu rekomendasi Camat Jangkar, untuk memproses pemberhentian sementara Kades Gadingan.

Seperti diberitakan sebelumnya. Awalnya ada 17 Kepala mendapatkan surat peringatan ketiga, karena tidak bisa menyelesaikan SPJ tepat waktu pada 10 Januari lalu. Selanjutnya, 17 Kepala Desa mendapatkan surat peringatan. Hasilnya ada 11 Desa harus mendapat peringatan ketiga, karena tak kunjung  merampungkan SPJ. Hingga batas akhir 3 Pebruari lalu, masih tersisa Desa Gadingan, Kecamatan Jangkar, belum juga menylesaikan pembuatan SPJ DD dan ADD.

Tahun 20017 Bantuan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa di Situbondo  mencapai 201 Miliyar 533 juta 701 rupiah. Rinciananya, bantuan ADD sebesar 90 Miliar 099 juta 118 rupiah, dan bantuan DD sebesar 111 Miliar 434 juta 583 rupiah.