Hari Raya Idul Adha BPBD Tetap Suplay 10 Ribu Liter Air Bersih ke Lokasi Kekeringan

0
BhasaFM
BPBD mendistribusi air bersih ke lokasi kekeringan di hari raya idul adha (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo,  tetap mendistribusikan air bersih meski Hari Raya Idul Adha. Pasalnya, daerah terdampak  kekeringan mengandalkan bantuan air bersih BPBD untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Minggu kemarin, BPBD mensuplay 10 ribu liter air bersih ke dua dusun di Desa Plalangan, Kecamatan Sumbermalang. Ditempat ini sudah mengalami krisis air bersih sejak akhir Juli lalu.

BPBD harus mengirim dua kali tahapan air bersih ke Desa Plalangan, yaitu ke Dusun Jambaran timur dan Dusun Jambaran barat.  Begitu mobil tangki BPBD datang, warga yang kekurangan air bersih langsung berhamburan. Mereka menempatkan wadah air berjejer di dekat mobil tangki.

BACA JUGA :  Pasukan Dalmas Siap Amankan Perusuh Pilkades

Menurut Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, pihaknya mengirim 10 ribu liter air bersih dua kali tahapan. Setiap dusun menerima bantuan air bersih 5 ribu liter.

Data yang diterima Bhasa menyebutkan. Dusun Jambaran di Desa Plalangan, Kecamatan Sumbermalang, merupakan daerah yang selalu mengalami krisis air bersih setiap musim kemarau. Warga mengandalkan suplay air pemerintah, karena sumber mata air di tempat mereka sudah mengering.