Hilal Tak Terlihat, Awal Puasa Ditetapkan 17 Mei 2018

0
BhasaFM
rukyatul hilal di pantai Kalbut Situbondo (15/5) (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Kementerian Agama Republik Indonesia, memutuskan awal bulan puasa Kamis 17 Mei 2018. Keputusan ini diambil mengingat Badan Hisab dan rukyat tak bisa melihat bulan. Salah satu lokasi pemantauan hilal yaitu di pantai Kalbut, Kecamatan Mangaran, sore kemarin (15/5).

Menurut Ketua Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama Situbondo, Irfan Hilmi, pengamatan hilal tidak terlihat, karena posisi bulan berada di bawah garis yang memisahkan bumi dan langit  atau di bawah ufuk.

Irfan menambahkan, waktu pengamatan hilal hanya 7 menit. Karena posisi matahari di bawah 2 derajat, maka  hilal tidak terlihat. Bulan terbenam lebih cepat dari matahari yaitu pukul 17.09 menit, sementara matahari baru terbenam pukul 17.13 menit.

Irfan menambahkan, hasil pengamatan serupa juga terjadi di sejumlah lokasi di Jawa Timur. Menurutnya, hasil pengamatan hilal langsung dilaporkan ke Kementerian Agama Republik Indonesia.

Sementara itu, pengamatan hilal di Panti Kalbut, tak hanya dilakukan Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama Situbondo, melainkan juga diikuti Kemenag Jember, Probolinggo, Bondowoso  dan Kabupaten Banyuwangi.

 

KOMENTAR ANDA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.